Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Evaluasi

Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

1. D

Adaptasi merupakan penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya. Makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya untuk kelangsungan hidupnya.

2. C

Lebah mempunyai bentuk mulut penjilat. Mulut ini mempunyai lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan yang berupa nektar pada bunga.

3. C

Walang snagit dikenal sebagai hama padi. Hewan ini melindungi diri dari musuh dengan cara mengeluarkan bau yang sangat menyengat sehingga musuh menjauhinya.

4. C

Bentuk paruh burung sangat beraneka ragam. Keanekaragaman bentuk paruh burung tersebut sesuai dengan jenis makanannya.

5. B

Bunglon melindungi diri dari musuh dengan cara mnegubah warna tubuhnya sesuai dengan warna tempat hewan ini berada. Ketika bunglon berada di pohon yang berwarna cokelat, warna bunglon berubah menjadi cokelat. Ketika berada di tanah hitam, warna bunglon menjadi hitam. Perubahan warna ini merupakan penyamaran yang baik, sehingga menyulitkan musuh untuk menangkap bunglon.

6. C

Tumbuhan insektivora merupakan tumbuhan pemakan serangga, tumbuhan ini memperoleh makanan dari serangga yang terperangkap dalam cairan di kantongnya. Contoh tumbuhan insektivora yaitu kantong semar.

7. D

Kantong semar merupakan salah satu tanaman yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan. Tumbuhan ini mempunyai bentuk daun berbentuk kantong. Di dalam kantong itu terdapat cairan. Bau yang dikeluarkan tumbuhan ini mengundang serangga agar mendekat. Serangga yang hinggap di tepi kantong akan tergelincir ke dalam kantong sehingga terperangkap oleh cairan di dalam kantong. Serangga yang terperangkap menjadi makanan bagi kantong semar.

8. B

Pohon jati menyesuaikan diri diri dengan lingkungannya dengan cara merontokkan atau menggugurkan daunnya. Pengguguran pohon jati terjadi saat musim kemarau panjang dan jarang terjadi hujan. Oleh karena itu, pohon jati membatasi penguapan air dengan cara menggugurkan daunnya. Jika daun digugurkan, maka penguapan akibat terik matahari berkurang sehingga tumbuhan tidak mengalami kekeringan. Pada musim penghujan, tunas-tunas daun akan bersemi kembali.

9. D

Batang bunga bugenfil memiliki duri panjang-panjang. Duri merupakan bentuk perlindungan diri tumbuhan terhadap musuh. Duri ini dapat melukai musuh yang hendak mengusiknya termasuk hewan.

10. A

Berbagai tumbuhan mengeluarkan getah untuk melindungi bagian tubuhnya  seperti mangga, pepaya, sawo, nangka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s