Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Evaluasi

Organ Tubuh Manusia dan Hewan

1. A

Paru-paru dibungkus oleh selaput tipis yang disebut pleura.

2. C

Ikan bernafas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Insang terletak di sebelah kanan dan kiri kepala. Insang dilindungi oleh tutup insang. Saat mulut terbuka, air masuk ke rongga mulut sementara tutup insang menutup. Kemudian, oksigen yang terkandung dalam air diikat oleh kapiler darah. Sebaliknya, karbondioksida dikeluarkan melalui insang.

3. B

Hewan amfibi merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu di darat dan di air. Contohnya katak, cacing, buaya, dll.

4. B

Serangga berbafas dengan trakea. Trakea ialah pembuluh-pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara pada stigma. Stigma ialah lubang (corong) yang terletak di sisi tubuh bagian kanan-kiri. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara.

5. C

Mamalia bernafas dengan paru-paru. Hewan yang termasuk golongan mamalia adalah hewan yang menyusui anaknya. Contoh mamalia adalah kucing, harimau, gajah, sapi, kelinci, tikus dan lumba-lumba.

6. A

Asap rokok berbahaya bagi perokok dan orang-orang di sekitarnya. Asap rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi paru-paru. Nikotin dalam asap rokok dapat masuk ke paru-paru saat kita menghirupnya.

7. D

Pneumonia adalah sebuah penyakit pada paru-paru di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer meradang dan terisi oleh cairan. Radang paru-paru dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, termasuk infeksi oleh bakteria, virus, jamur, atau pasilan (parasite). Radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri biasanya diakibatkan oleh bakteri streptococcus dan mycoplasma pneumoniae. Radang paru-paru dapat juga disebabkan oleh kepedihan zat-zat kimia atau cedera jasmani pada paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau berlebihan minum alkohol.

8. D

Penyakit peradangan pada usus disebut tifus. Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Tifus juga dapat timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan benar.

9. B

Mandi teratur merupakan salah satu cara hidup sehat, dengan mandi teratur kuman-kuman yang menempel pada tubuh dapat hilang sehingga kita terhindar dari penyakit.

10. D

Untuk mencegah penyakit gondok diperlukan zat yodium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s