Gaya

Evaluasi

Gaya

1. B

Tidak semua benda dapat ditarik magnet. Benda yang dapat ditarik oleh magnet adalah benda yang terbuat dari bahan logam tertentu, yaitu besi, nikel, dan kobalt. Bila suatu benda mengandung salah satu dari bahan logam tersebut maka benda itu dapat ditarik oleh magnet.

2. A

Bila suatu benda mengandung logam seperti besi, nikel, atau kobalt maka benda tersebut dapat ditarik oleh magnet. Benda itu dinamakan benda magnetis. Jadi benda magnetis adalah benda yang dapat ditarik oleh magnet.

3. B

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Jika magnet digerakkan bebas, maka ada satu kutub yang menunjuk ke arah utara. Kutub itu dinamakan kutub utara magnet, biasanya diberi warna merah atau huruf N (north). Kutub satunya lagi yang menunjuk ke arah selatan, disebut kutub selatan magnet, biasanya diberi warna biru atau huruf S (sorth). Sifat ini yang menjadi prinsip dasar kompas.

4. D

Membuat magnet dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti cara induksi, gosokan, dan aliran listrik.

5. A

Buah apel yang jatuh bebas dari pohonnya disebabkan karena adanya gaya grafitasi. Gaya grafitasi ini menarik semua benda jatuh menuju bumi. Gerak jatuh yang disebabkan oleh gaya grafitasi disebut gerak jatuh bebas.

6. B

Jika kita mennggelindingkan kelereng di permukaan tanah, maka pada suatu saat kelereng berhenti, karena mendapat gaya gesekan. Gaya gesekan merupakn hambatan yang terjadi ketika dua permukaan benda saling bersentuhan.

7. C

Permukaan benda yang halus akan memperkecil gaya gesekan. Gaya gesekan dapat diperbesar dengan membuat permukaan menjadi lebih kasar dan gaya gesekan dapat diperkecil dengan permukaan yang lebih halus.

8. B

Permukaan sepatu dibuat kasar dengan tujuan memperbesar gaya gesekan. Karena manfaat utama gaya gesekan adalah menahan benda agar tidak tergelincir, maka ada benda-benda yang dirancang untuk memperbesar gaya gesekan.

9. A

Gaya yang bekerja pada ban mobil adalah gaya gesekan. Pada ban mobil permukaannya dibuat kasar dengan tujuan memperbesar gaya gesekan agar tidak mudah tergelincir.

10. A

Cara untuk mengurangi gaya gesekan dapat dilakukan dengan cara menggunakan roda, bantalan peluru, pelumasan, serta menghaluskan permukaan benda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s