RPP IPA Kelas 5 Semester 1

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   SAINS

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Waktu                          :   8 x 45 menit (4 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

 

B.     Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan

o   Siswa dapat Memahami istilah dari

-   Diagfragma

-   Gelambir

-   Pleura

-   Bronkus- Alveolus

- Pundi-pundi

- Labirin

- Stigma

o   Siswa dapat Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut

o   Siswa dapat Memahami proses pernapasan pada :

-   Manusia

-   Burung

-   Reptil

-   Amfibi-   Ikan

-   Serangga

-   Cacing

o   Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Organ tubuh manusia dan hewan

o   Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

o   Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
1.      Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)2.      Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pernapasan

F Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan

-   Paru-paru

-   Hidung

-   Tenggorokan

F Memahami istilah dari

-   Diagfragma

-   Gelambir

-   Pleura-   Bronkus

-   Alveolus

F Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut

F Memahami proses pernapasan

F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)3.      Penutup

o   Mengulang proses pernapasan

(5 menit)4.      Pekerjaan Rumah

o   –

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Melakukan kegiatan

F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   tugas 1.1

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi

o   Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

-   Burung

-   Reptil

-   Amfibi

-   Ikan-   Serangga

-   Cacing

-   Mamalia

F Memahami istilah dari

-   Pundi-pundi

-   Labirin-   Stigma

F Memahami proses pernapasan pada :

-   Burung

-   Reptil

-   Amfibi

-   Ikan-   Serangga

-   Cacing

-   Mamalia

F Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o

Pertemuan ke-4

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman

F Memahami gejala penyakit :

-   Influenza

-   Flu burung-   Pnemonia

-   Tuberkulosis paru-paru

F Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan

-   Makan makanan bergizi

-   Berolahraga teratur

-   Istirahat teratur-   Menjaga kebersihan

-   Menjauhi asap rokok

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman

-   Influenza

-   Flu burung-   Pnemonia

-   Tuberkulosis paru-paru

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

 

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.

o  Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

Tugas Individu

dan Kelompok

Laporan dan Unjuk kerja

o  Jelaskanlah alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.

o  Buatkanlah model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.

o  Jelaskanlah penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o  Jelaskanlah cara memelihara kesehatan alat pernapasan

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                                       …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                                 Guru Mapel IPA

 

 

  …………………………….                                                                                                      …………………………….

  NIP :                                                                                                                                        NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Waktu                          :   8 x 45 menit (5 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

 

B.     Kompetensi Dasar

1.3 Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Menjelaskan tugas dari alat pencernaan dan menyebutkan bagian alat pencernaan

-   Rongga mulut

-   Kerongkongan

-   Lambung-   Usus halus

-   Usus besar

o   Siswa dapat Memahami fungsi rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar

o   Siswa dapat Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubung-an dengan makanan dan tata cara makanan

o   Siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi, kandungan zat gizi dalam makanan

o   Siswa dapat Memahami fungsi dari kar-bohidrat, protein, lemak, air, mineral dan protein serta menyebutkan sumbernya

o   Siswa dapat Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)

o   Siswa dapat Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Organ tubuh manusia dan hewan

o   Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia.

o   Hubungan Makanan Dan Kesehatan

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia.

F Menjelaskan tugas dari alat pencernaan

F Memahami proses pencernaan makanan secara mekanis dan kimia

F Memahami fungsi kerongkongan dan lambung

F Memehami peristiwa yang terjadi dilambung saat pencernaan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F Menyebutkan enzim yang terdapat pada lambung.

F Menyebutkan alat pencernaan

-   Rongga mulut

-   Kerongkongan

-   Lambung-   Usus halus

-   Usus besar

F Menyebutkan isi dari rongga mulut dan fungsinya seperti

-   Gigi

-   Lidah

-   Air liur→

→Mengunyah makanan supaya menjadi halus

Mengatur letak makanan saat mengunyah, membantu menelan makanan dan mengecap rasa makanan

Dihasilkan oleh kelenjar ludah, membantu proses pencernaan di dalam mulut

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang proses pencernaan

o   Makanan mengalami proses penghancuran oleh gigi, lidah dan air liur.

o   Makanan dilumatkan lagi dengan pertolongan bermacam-macam getah lambung

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   –

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia.

F Memahami fungsi dari usus halus

F Mampu menyebutkan enzim yang terdapat pada getah pankreas

F Memahami fungsi dari usus besar

F Memahami istilah dari

–   Gerak peristaltik

–   Umbai cacing

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan bagian dari usus halus

–   Usus dua belas jari

–   Usus kosong

–   Usus penyerapan

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang proses pencernaan

o Terjadi pencernaan secara kimia dan penyerapan sari makanan di usu halus

o Terjadi penyerapan air di dalam usus besar

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi

o   Memahami peta konsep tentang alat pencernaan pada manusia.

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& dsEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami penyebab penyakit alat pencernaan pada manusia, seperti;

-   Diare

-   Mag-   Radang usus halus

-   Tifus

F Memahami gejala penyakit alat pencernaan pada manusia, seperti;

-   Diare

-   Mag-   Radang usus halus

-   Tifus

F Mengetahui cara memelihara kesehatan alat pencernaan

-   Pundi-pundi

-   Labirin-   Stigma

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan gangguan pada alat pencernaan makanan yang berhubungan dengan makanan dan tata cara makanan

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang penyakit yang menyerang manusia, seperti diare, mag, radang usus, dan tifus

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

Pertemuan ke-4

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.

o   Memahami peta konsep tentang makanan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& dEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami fungsi dari zat gizi

F Kandungan zat gizi dalam makanan

F Memahami fungsi dari karbohidrat

–     Menghangatkan tubuh

–     Menjadi sumber zat tenaga

F Memahami fungsi dari lemak sebagai sumber tenaga dan cadangan makanan

F Memahami fungsi dari protein sebagai zat pembangun sumber tenaga

F Memahami fungsi dari air untuk melarutkan zat makanan, melencar pencernaan dan mengatur suhu tubuh.

F Memahami fungsi dari mineral sebagi zat pembangun dan pengatur tubuhs

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat

F Menyebutkan makanan yang banyak mengandung lemak nabati dan hewani.

F Menyebutkan makanan yang banyak mengandung protein nabati dan hewani

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa karbohidrat sebagai sumber tenaga, lemak sebagai cadangan makanan, protein sebagi pembangun tubuh, air untuk melarutkan makanan, mineral sebgai zat pembangun dan pengatur  tubuh.

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

Pertemuan ke-5

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi.

o   Memahami peta konsep tentang makanan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& dEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami fungsi dari vitamin sebagai pengatur tubuh

F Memahami menu makanan yang bergizi seimbang (empat sehat lima sempurna)

§ Makanan pokok

§ Lauk pauk

§ Sayuran

§ Buah-buahan

§ Susu

F Memahami cara mengolah bahan makanan dengan benar, seperti:

§ Tidak membeli makanan yang terbuka.

§ Jika membeli makanan yang tertutup perhatikan cara pengolahannya.

§ Sayurang yang dimakan mentah harus benar-benar dicuci bersih.

§ Sayuran jangan dimasak terlala matang karena dapat merusak zat gizi.s

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan beberapa jenis vitamin dan manfaatnya

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa makanan yang bergizi seimbang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, air dan vitamin

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   Tugas 1.2 (hlm.27)

 

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia.

o  Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

o  Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.

o  Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.

o  Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.

Tugas Individu

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah alat pencernaan makanan pada manusia.

o  Jelaskanlah tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

o  Praktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.

o  Jelaskanlah makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.

o  Praktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                                 …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                           Guru Mapel IPA

 

 

  …………………………….                                                                                                  …………………………….

  NIP :                                                                                                                                    NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

 

B.     Kompetensi Dasar

1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami fungsi g dan pembuluh darah.

o   Siswa dapat Memahami bahwa g terdiri dari empat ruang

-   Serambi kiri

-   Serambi kanan-   Bilik kiri

-   Bilik kanan

o   Siswa dapat Memahami bahwa pembuluh darah

-       Pembuluh Nadi (Arteri)

-       Pembuluh Balik (Vena)

o   Siswa dapat Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik

o   Siswa dapat Memahami intilah

-   Aorta

-   Arteri-   Vena

-   Pembuluh kapiler

o   Siswa dapat Memahami proses peredaran darah tertutup dan macam peredaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh

-       Pembuluh Nadi (Arteri)

-       Pembuluh Balik (Vena)

o   Siswa dapat Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Organ tubuh manusia

Alat Peredaran Darah Pada Manusia.

o   g

o   Pembuluh darah

o   Proses peredaran darah manusia

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& kEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang alat peredaran darah manusia

F Memahami fungsi g dan pembuluh darah

F Memahami bahwa g terdiri dari empat ruang

-   Serambi kiri

-   Serambi kanan-   Bilik kiri

-   Bilik kanan

F Memahami bahwa pembuluh darah terdiri dari dua arah aliran

-    Pembuluh Nadi (Arteri)

-    Pembuluh Balik (Vena)

F Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik

F Memahami intilah

-   Aorta

-   Arteri-   Vena

-   Pembuluh kapiler

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang fungsi dari g, pembuluh darah

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami proses peredaran darah tertutup pada manusia

F Memahami macam perdaran darah berdasarkan panjang pendek jalur yang ditempuh

-    Pembuluh Nadi (Arteri)

-    Pembuluh Balik (Vena)

F Mampu menghitung denyut nadi sendiri dan orang lain

F Mengetahui perpedaaan denyut nadi pada anak-anak dan orang dewasa.

F Mengetahui alat elektrokardiograf sebagia alat untyuk memeriksa denyut k

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulang

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang proses peredaran darah:

o Peredaran dara kecil : g → paru–paru → g

o Peredaran darah besar : g → seluruh tubuh (kecuali paru-paru)→ g

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   Mengambar peredaran darah

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o   Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar. Tugas Individu

Laporan

o   Jelaskanlah alat peredaran darah manusia melalui gambar.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                                                                                          …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                                    Guru Mapel IPA

 

 

  …………………………….                                                                                                           …………………………….

  NIP :                                                                                                                                             NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Waktu                          :   2 x 45 menit

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

B.     Kompetensi Dasar

1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah

-   Anemia

-   Leukimia

-   Hipertensi

-   Penyakit g bawaan

-   Pembuluh nadi mengeras

o   Siswa dapat Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah

-   menghindari makanan berlemak tinggi

-   membiasakan pola makan yang sehat

-   kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur

o   Siswa dapat Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Alat Peredaran Darah Pada Manusia.

o   Penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah

o   Memelihara kesehatan Alat peredaran darah

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami penyakit yang menyerang darah dan alat peredaran darah

-   Anemia

-   Leukimia

-   Hipertensi-   Penyakit g bawaan

-   Pembuluh nadi mengeras

F Memehami cara memelihara kesehatan alat peredaran darah

-   menghindari makanan berlemak tinggi

-   membiasakan pola makan yang sehat

-   kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur

F Memahami perbedaaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F Melakukan uji kompetensi

F Latihan soal

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan untuk memelihara kesehatan alat peredaran darah yaitu dengan ;

-   menghindari makanan berlemak tinggi

-   membiasakan pola makan yang sehat

-   kegiatan fisik, istirahat dan olah raga yang teratur

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o   Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia.

o   Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.

Tugas Individu

Laporan

o   Jelaskanlah tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia.

o   Praktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                              …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mapel IPA

 

 

  …………………………….                                                                                              …………………………….

  NIP :                                                                                                                                NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Tumbuhan Hijau

Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :

2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

B.     Kompetensi Dasar

2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis

o   Siswa dapat Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan

-       air → diperoleh melalui akar

-       karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel

-       cahaya matahari → diserap oleh klorofil

o   Siswa dapat Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)

o   Siswa dapat Mengetahui hasil fotosintesis berupa

-       Karbohidrat

-       oksigen

o   Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya

a.       di dalam umbi

b.      di dalam buah

c.       dalam biji

d.      di dalam batang.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau

o   Proses tumbuhan hijau membuat makanan

o   Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau

F Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis

F Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan

-    air → diperoleh melalui akar

-    karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel

-    cahaya matahari → diserap oleh klorofil

F Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar )

F Mengetahui hasil fotosintesis berupa

-    Karbohidrat

-    oksigen

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang proses fotosintesis

o   Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis

o   Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   Tugas

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menagih tugas

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau

F Memahami bahwa karbohidrat yang dihasilkan digunakan untuk tumbuh, memperbanyak diri dan makanan cadangan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan

a.       di dalam umbi

-   kentang

-   wortel-   Talas

-   Singkong-   Bawang merah

-   Ubi jalar

b.      di dalam buah

-   avokad

-   mangga

-   jeruk-   apel

-   nanas

-   pisang-   pepaya

-   durian

-   anggur

c.       di dalam biji

-   kacang tanah

-   kacang kedelai-   kacang merah

-   kacang hijau

d.      di dalam batang

-   tebu

-   sagu

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan

-       Makanan cadangan disimpan di dalam umbi, buah, biji dan batang

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

 

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)

o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

Tugas Individu

Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)

o  Sebutkanlah tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                            …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                      Guru Mapel IPA

 

 

 

  …………………………….                                                                                           …………………………….

  NIP :                                                                                                                             NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Tumbuhan Hijau

Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

B.     Kompetensi Dasar

2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

o   Siswa dapat Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan

o   Siswa dapat Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Tumbuhan Hijau

o   Manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan hijau.

o   Keadaan dunia tanpa tumbuhan hijau.

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau

F Memahami tumbuhan hijau sebagai sumber makanan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan

a.       Daun-daunan

-   Daun singkong

-   Kangkung-   Bayam

-   Selada-   Katuk

-   Sawi

b.      Bunga-bungaan

-   Bunga kol

-   Bunga turi-   Bunga pisang

-   Bunga pepaya

c.       Buah-buahan

-   Jeruk

-   Apel-   Tomat

-   Jeruk-   Avokad

-   Pepaya

d.      Umbi-umbian

-   Lobak -   Wortel -   Kentang

e.       Tunas

-   Taoge -   Rebung

f.       Biji

-   Beras

-   Jagung-   Gandum

-   Kacang kedelai

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Bagian tumbuhan yang menjadi sumber makanan adalah daun, bunga, buah, umbi, tunas dan bij.

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   –

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mengetahui bahwa tumbuhan mempunyai manfaat sebagai

a.       Penyedap rasa

-       gula pasir → tebu

-       bumbu masakan (merica, pala, cengkeh, kunyit, jahe, bawang merah)

b.      Obat-obatan

-       Pil kina (obat penyakit malaria) → kulit pohon kina

c.       Bahan sandang

-       Kain katun → serat kapas

d.      Peralatan rumah tangga

-       Kursi, meja → kayu dan bambu

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan

-       Manusia membutuhkan tumbuhan hijau sebagi sumber makanan, bahan penyedap rasa, obat-obatan, bahan sandang, peralatan rumah tangga

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.

o  Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.

o  Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.

Tugas Individu

Laporan

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.

o  Jelaskanlah pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.

o  apa yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       

                                                                                                                                            …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                       Guru Mapel IPA

 

 

 

  …………………………….                                                                                           …………………………….

  NIP :                                                                                                                             NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

B.     Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

o   Siswa dapat Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan

o   Siswa dapat Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Penyesuaian dengan lingkungannya

o   Hewan menyesuaikan diri untuk memperoleh makanan

o   Hewan melindungi diri dari musuhnya

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& sEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

F Mememahami penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan

-   Kupu-kupu → alat penghisap nektar yang panjang (probosis)

-   Lebah→ mempunyai bentuk mulut penjilat

-   Nyamuk →  mempunyai bentuk mulut penusuk

-   Burung →  mempunyai bentuk paruh dan kaki beraneka ragam

-   Unta →  mempunyai punuk

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan

o   Bentuk dan susunan tubuh hewan sesuai dengan jenis dan cara memperoleh makanannya

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

-

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

F Mememahami hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya

-   Bunglon → dapat mengubah warna tubuhnya

-   Walang sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat

-   Walang daun →  bentuk dan warna tubuh yang menterupai daun

-   Harimau, anjing dan singa → mempunyai kuku dan gigi yang tajam

-   Sapi, kambing, kerbau dan kijang →  mempunyai tanduk yang runcing

-   Kala jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat

-   Ular berbisa → mempunyai bisa (racun)

-   Ular tak berbisa → melindungi diri dengan membelitkan tubuh ke tubuh

musuhnya

-   Cumi-cumi →  menyemburkan cairan seperti tinta

-   Siput → mempunyai pelindung tubuh yang keras yang disebut rumah siput

-   Musang dan kumbang →  berpura-pura mati ketika diserang musuh

-   Cecak →  memutuskan ekor

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan

o   Hewan melindungi diri dari musuhnya dengan cara yang berbeda-beda

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

 

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.

Tugas Individu

Laporan

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA

 

 

 

  …………………………….                                            …………………………….

  NIP :                                                                     NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya

Waktu                          :   2 x 45 menit

Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :

3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

B.     Kompetensi Dasar

3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

o   Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.

o   Siswa dapat Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda

o   Siswa dapat Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

Penyesuaian tumbuhan dengan lingkungannya

o   Tumbuhan menyesuaikan diri untuk kelangsungan hidupnya

o   Tumbuhan melindungi diri dari musuhnya

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya

F Memahami bahwa tumbuhan ada yang hidup di tanah, gurun yuang kering dan panas dan di air.

F Memahami bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda

-   Pohon jati merontokkan atau menggugurkan daunnya
-   Kaktus

→bentuk daun duri untuk mengurangi  penguapan,  batang kaktus menyimpan air.-   Teratai→Daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara-   Tumbuhan kantong semar→Daun berbentuk kantong

F Memahami bahwa tumbuhan menyesuaikan diri dari musuhnya

-   Bunga mawar Batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil
-   Bunga bugenvil memiliki duri-duri panjang-panjang
-   Pohon mangga, kamboja, alamanda Mengeluarkan getah
-   Buah durian Memiliki kulit berduri

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Bagian tubuh tumbuhan yang berupa duri dan getah digunakan tumbuhan untuk melindungi diri dari musuhnya.

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.

Tugas Individu

Laporan

Uraian Objektif

o  Jelaskanlah ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                               

                                                                                                                  …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                          Guru Mapel IPA

 

 

 

  …………………………….                                                               …………………………….

  NIP :                                                                                               NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Benda Dan Sifatnya

Waktu                          :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :

4.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

B.     Kompetensi Dasar

4.1 Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali

o   Siswa dapat Mengetahui bahan penyusun tali temali

o   Siswa dapat Memahami sifat benda yang dapat digunakan sebagai tali:

o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.

o   Siswa dapat Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya

o   Siswa dapat Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya

o   Siswa dapat Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

o   Penyusun bahan tali temali.

o   Kekuatan bahan tali temali

o   Sifat tali temali

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

o   Seutas tambang plastik, benang kasur, benang jahit, ijuk, senar, lensa pembesar

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali

F Mengetahui bahan penyusun tali temali

-   Serat

:

Senar, nilon, ijuk, untaian kabel kecil pada kabel listrik
-   Benang

:

Benang jahit, benang kasur, benang nilon
-   Tambang atau tali

:

Tambang plastik, tambang kawat, tambang nilon

F Memahami sifat atau ciri-ciri benda yang dapat digunakan sebagai tali:

-   Lentur

-   Kuat

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang materi

o   Berdasarkan bagian penyusunnya, tali-temali dikelompokkan menjadi serat, benang, dan tambang

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   –

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang bahan tali temali.

F Memahami kekuatan bahan tali temali berbeda-beda untuk setiap jenisnya

F Memahami cara mengukur kekeuatan bahan tali tenali

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Mengelompokkan tale temali berdasarkan struktur benang penyusunnya

-   Struktur pilinan

-   Struktur kepang atau anyaman

-   Struktur lurus

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang kekuatan dan sifat tali

o Tegangan maksimal yang dapat ditanggung oleh tali menunjukkan kekeuatan tali

o Tali temali meiliki sifat sesuai dengan sifat bahan penyusunnya

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

 

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.

o  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.

o  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.

o  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.

o  Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.Tugas Individu dan Kelompok

Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.

o  Sebutkanlah contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.

o  Sebutkanlah bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.

o  Jelaskanlah kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.

o  Simpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                                                               …………, ………………….20 …

Mengetahui                                                                             

  Kepala Sekolah                                                                                                        Guru Mapel IPA

 

 

 

  …………………………….                                                                                           …………………………….

  NIP :                                                                                                                            NIP :

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   ………………………

Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

Kelas/Semester            :   V/ 1

Materi Pokok               :   Benda Dan Sifatnya

Waktu                          :   4 x 45 menit (3 X pertemuan)

Metode                         :   Ceramah dan praktek

A.    Standar Kompetensi       :

4.  Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

B.     Kompetensi Dasar

4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap

C.    Tujuan Pembelajaran**:

o   Siswa dapat Memahami penyebab perubahan pada benda

-   Pemanasan

-   Pendinginan

-   Penyubliman

-   Pembakaran- Pencampuran dengan air

- Pembusukan

- Perkaratan

o   Siswa dapat Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.

o   Siswa dapat Memahami prosese pembuatan garam

o   Siswa dapat Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.

-       Pembusukan pada sayuran dan buah

-       Pemasakan nasi

-       Pembuatan bubur

-       Perkaratan pada besi

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial

o   Perubahan Sifat benda.

o   Perubahan wujud yang dapat kembali dan tidak dapat kembali

E.     Media Belajar

o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

o   Sebatang lilin, sehelai kertas, sekantung semen putih, seember air.

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

 Pertemuan ke-1
  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& jEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perubahan benda

F Memahami penyebab perubahan pada benda

-   Pemanasan

-   Pendinginan

-   Penyubliman

-   Pembakaran-   Pencampuran dengan air

-   Pembusukan

-   Perkaratan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan tugas

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa perubahan sifat pada benda dapat diamati

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

Membaca materi penyebab perubahan benda

 Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& jEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang perubahan benda

F Memahami penyebab perubahan benda akibat pemanasan

-    air dipanaskan → uap

-    es batu dibiarkan di udara → mencair

-    mentega dipanaskan → mencair atau meleleh

-    mentega didinginkan → membeku

F Memahami penyebab perubahan benda akibat pendinginan

-    air didinginkan → es

F Memahami penyebab perubahan benda akibat penyubliman

F Memahami penyebab perubahan benda akibat pembakaran

F Memahami penyebab perubahan benda akibat pencampuran dengan air

F Memahami penyebab perubahan benda akibat pembuksukan

F Memahami penyebab perubahan benda akibat perkaratan

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Memberikan kesimpulan bahwa perubahan sifat benda dapat disebabkan karena pemanasan, pendinginan, penyubliman, pembakaran, pencampuran dengan air, pembusukan dan perkaratan.

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   -

 Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan

Apersepsi  dan Motivasi :

o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi

o   Memahami peta konsep tentang perubahan benda

(5 menit)

  1. Kegiatan Inti

& jEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Siswa dapat Memahami prosese pembuatan garam

F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Menyebutkan contoh perubahan yang dapat kembali.

F Menyebutkan contoh perubahan yang tidak dapat kembali.

-    Pembusukan pada sayuran dan buah

-    Pemasakan nasi

-    Pembuatan bubur

-    Perkaratan pada besi

F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

F Mengerjakan uji kompetensi

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)

  1. Penutup

o   Mengulang materi

“Perubahan wujud seperti pada kertas yang dibakar merupaklan perubahan wujud yang tidak dapat datang kembali”

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah

o   Latihan soal

G.    Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

o  Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.

o  Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.

o  Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.

o  Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.

o  Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.Tugas Individu dan Kelompok

Laporan

Uraian Objektif

o  Kumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.

o  Jelaskanlah sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.

o  Jelaskanlah faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.

o  Jelaskanlah benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.

o  Jelaskanlah kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

&   LEMBARPENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                                                                                   …………, ………………….20 …

 Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Mapel IPA

 

 

  …………………………….                                                                                                  …………………………….

  NIP :                                                                                                                                     NIP :

Sumber : http://downloads.ziddu.com/downloadfile/16441481/RPPSAINS5sms1.doc.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s